Istilah-Istilah di Internet

Buat yang lagi belajar internet, berhubung saya sering mengajar mata kuliah ini. Ini salah satu materi awal yang juga ada di modul bahan ajarku mengenai pengenalan internet. Banyk dari temen-temen yang terkadang melewatkan beberapa istilah berikut. Ada baiknya kita mengenal istilah yang sering dipakai di dunia internet ini sebelum mengenal lebih jauh tentang internet. Semoga bermanfaat🙂

  • Browsing/Surfing

Istilah satu ini, amat populer, kalo sampe gak tau, lebih baik jangan berani masuk ke dunia maya deh. Browsing/Surfing merupakan istilah yang akrab digunakan oleh para netter, yang artinya menjelajah dunia maya internet. Tentu saja computer yang digunakan harus terhubung dengan jaringan internet. Untuk dapat melakukan browsing seorang netter harus mengetahui alamat-alamat internet yang akan dituju. Contohnya seperti www.ilmukomputer.com, www.detik.com, www.google.co.id dll.

  • Search Engine

Istilah ini agak kurang familiar buat orang non-IT. Gak tau kenapa, padahal penggunaannya sangat populer. Kebanyakan orang hanya tau nama situsnya bukan istilahnya, meskipun bukan masalah besar, tapi. ada baiknya kita tau istilah untuk situs yang sering kita gunakan dan kunjungi tersebut .Well, Search Engine merupakan sebuah website yang memberikan layanan pencarian konten-konten terhadap seluruh situs-situs yang ada dalam jaringan internet. Konten yang kita cari dapat meliputi, media teks, gambar/foto ataupun file multimedia yang lain seperti audio, video dll. Biasanya Search Engine (Mesin Pencari) ini memerlukan sebuah kata kunci sebagai acuan pencarian. Contoh situs yang tergolong sebagai search engine terkenal diantaranya yaitu www.google.com, www.yahoo.com dll.

  • Email

Kalo yang ini sudah pasti terkenal, yup….Email adalah surat menyurat dalam internet. Saat ini email telah memiliki trend tersendiri dibanding dengan surat-menyurat konvensional, karena email disini bersifat lebih ekonomis dan efisien waktunya. Dikatakan lebih ekonomis karena saat ini banyak penyedia layanan email local maupun non-lokal yang bersifat gratis. Syaratnya hanya daftar/registrasi untuk mendapatkan alamat email yang baru. Bersifat efisien waktu, karena pengiriman surat elektronis ini tidak membutuhkan waktu yang lama bahkan hanya dalam hitungan detik surat telah sampai ke alamat tujuan, saat itu pula penerima dapat membaca pesan yang dikirimkan dan dapat juga langsung membalasnya.

Untuk dapat memanfaatkan layanan email ini, kita harus mendaftarkan diri pada penyedia layanan email baik yang gratis maupun yang berbayar. Setiap orang dapat saja memiliki email lebih dari satu, tentu saja dengan alamat email yang berbeda, karena setiap alamat email ini bersifat unik. Adapun penyedia layanan email yang terkenal yaitu :

Non-Lokal : Yahoo, Gmail, Lycos, Mailcity, Hotmail dll,

Lokal : Telkom.net, Plasa.com, dll

  • CMS (Content Management System)

Sistem manajemen konten (Inggris: content management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

– aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])

– aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).

Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.
Berikut dibawah ini pemanfaatan CMS:

– Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.

– Portal

– Galeri foto

– Aplikasi E-Commerce.

– Mengelola website pribadi / blog.

– Dan lain-lain.

Salah satu perangkat lunak Content Management System yang dikenal luas yaitu MediaWiki, perangkat lunak yang dipakai di Wikipedia dan proyek-proyek sejenis.Berikut ini merupakan contoh website komunitas CMS Indonesia yang dapat dijadikan sebagai referensi anda:

– Komunitas Drupal Indonesia

– Komunitas Mambo Indonesia

– Komunitas Joomla Indonesia

– Komunitas Postnuke Indonesia

  • Protokol

Aturan standar yang digunakan untuk berkomunikasi pada jaringan komputer. HTTP (hypertext Transfer Protocol) adalah protokol untuk WWW

  • Address

WWW memiliki aturan penamaan alamat web yaitu URL (Uniform Resource Locator) yang digunakan sebagai standar alamat internet

  • HTML

Digunakan untuk membuat dokument yang bisa diakses melalui internet

  • Web Browser

Browser merupakan software yang di install di komputer client yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web. Browser yang sering di gunakan biasanya Internet Explorer, Netscape Navigator, OPERA, Mozila FireFox dan masih banyak yang lainya.

  • Web Server

Situs web di internet adalah beberapa halaman dokument skrip program yang disediakan dan diminta oleh komputer client. Oleh karena itu harus ada yang mengatur dan melayani kapan suatu dokument dikirimkan. Untuk tugas satu ini dikerjakan oleh web server.

  • Server Side Scripting

adalah sekumpulan script yang di proses pada sisi server, adapun contoh nya antara lain PHP dan ASP.

  • Client Side Scripting

adalah sekumpulan script yang pemrosesanya dilakukan pada sisi client. Contoh : Javascrip, CSS, HTML, dll

  • Web Statis

berkaitan dengan desain, layout dan seni, maka harus ada update secara manual dan membutuhkan manusia (human teste). Untuk pergantian data dalam suatu web, maka script yang lama harus selalu disalin dan tetap disimpan dalam server yang berakibat menumpuknya file dan memenuhi space harddisk.

  • Web dinamis

dari contoh definisi web statis diatas dapatkah kalian mengambil kesimpulan apa itu web dinamis? coba kalian simpulkan sendiri….hehehehe

Perihal ratihparamyta
Hmmm...people said that i've vicious/anger face but if u know me, i'm type of friendly person,lil bit crazy and sensitive person..that's me...I like everything about technology coz my educational background is in IT...hmm...actually i like listening music, watching movies, browsing internet, make some comment @friend's facebook status also wrote some unsignificant words, but for me it's quite interesting. Others i like to breath, laugh and smile...whatever u are, if u want to know me..just call me ratih...ok (^_')

2 Responses to Istilah-Istilah di Internet

  1. andi mengatakan:

    bu pakar IT saya mau tanya neh…gimana cara bikin web yang bagus…tolong dikirimin link2nya dong…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: