Kebangkrutan Chrysler

Kaget dengar berita di tv mengenai Chrysler mendaftarkan kebangkrutannya ke pemerintah AS, langsung kucari berita tentang kebenarannya. Kenapa kaget…karena perusahaan otomotif ini termasuk yang no satu di negara adidaya Amerika Serikat…. Dan ternyata dampak krisis global ini makin parah setelah sekian ribu orang dari berbagai perusahaan di PHK . Kebangkrutan Chrysler menambah panjang daftar dampak dari krisis global. Berikut berita lengkapnya, sebagaimana dikutip dari detik finance :

Michigan – Produsen otomotif terbesar ketiga AS, Chrysler LLC akhirnya mendaftarkan kebangkrutan setelah tak mencapai kesepakatan dengan para kreditornya.

Presiden Barack Obama telah mengumumkan rencana baru bagi Chrysler untuk bergabung menjadi sebuah perusahaan yang lebih kuat melalui kerjasama dengan Fiat.

Chrysler menyatakan bahwa mayoritas pabrik-pabriknya akan idle hingga transaksi tuntas. Namun para pekerjanya akan tetap dibayar, sementara dealer-dealernya akan tetap buka, termasuk garansi tetap diberikan.

Berikut detail dari rencana kebangkrutan Chrysler, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (1/5/2009).

1. Chrysler akan menggunakan bagian 363 dari peraturan kebangkrutan federal untuk memuluskan jalan bagi sisa-sisa rencana restrukturisasi yang masih terhambat.

2. New Chrysler akan membeli seluruh aset dari Chrysler lama di luar kasus kebangkrutan Chapter 11 untuk ditukarkan dengan pembayaran US$ 2 miliar kepada para kreditor yang dijamin.

3. New Chrysler akan menciptakan sebuah pendanaaan independen untuk uang kesehatan bagi pensiunan Chrysler. Dana itu didanai dari surat utang US$ 4,6 miliar yang akan dibayar dalam 13 tahun pada suku bunga 9%. New Chrysler akan menerima 55% saham dari Chrysler yang sudah direorganisasi dan memiliki hak untuk memilih satu direktur.

4. Departemen Keuangan akan mendapatkan 8% porsi saham di New Chrysler dan hak untuk memilih 4 direktur.

5. Pemerintah Kanada dan Ontario secara bersama akan mendapatkan 2% saham di New Chrysler.

6. Pemerintah AS akan mendukung upaya Chrysler untuk menggunakan kode kebangkrutan dalam menyelesaikan sisa-sisa kewajiban.

7. Terkait kerjasama antara Chrysler dan Fiat, diharapkan mampu membentuk produsen otomotif global terbesar keenam.

8. Fiat akan membawa teknologi bernilai miliaran dolar untuk membantu Chrysler memroduksi mobil-mobil yang lebih hemat BBM di pabrikan AS.

9. Fiat bakal memiliki hak untuk memilih 3 direktur Chrysler. Fiat bisa mendapatkan hingga 15% tambahan saham dalam 3 tahap.

10. Kreditor terbesar Chrysler yang dijamin sepakat untuk mengalihkan porsi utangnya senilai US$ 6,9 miliar untuk pro-rata saham US$ 2 miliar dalam bentuk tunai.

11. Departemen Keuangan AS ekan memberikan pinjaman hingga US$ 6 miliar ke Chrysler-Fiat selama periode restrukturisasi.

12. Pemerintah siap memberikan US$ 3,3 miliar pembiayaan debtor-in-possession melalui chapter 11.

13. Pemerintah AS menyiapkan pinjaman US$ 4,7 miliar ke New Chrysler.

14. GMAC akan menyediakan dealer dan pembiayaan konsumennya dan terus melakukannya setelah Chrysler keluar dari kebangkrutan. Pemerintah AS akan memberikan modal yang dibutuhkan GMAC untuk mendukung bisnis Chrysler.

Perihal ratihparamyta
Hmmm...people said that i've vicious/anger face but if u know me, i'm type of friendly person,lil bit crazy and sensitive person..that's me...I like everything about technology coz my educational background is in IT...hmm...actually i like listening music, watching movies, browsing internet, make some comment @friend's facebook status also wrote some unsignificant words, but for me it's quite interesting. Others i like to breath, laugh and smile...whatever u are, if u want to know me..just call me ratih...ok (^_')

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: