Peluang Usaha-Cuci Helm

Saya baca artikel menarik dari detik finance mengenai peluang usaha cuci helem…ternyata menguntungkan looh…selain tidak banyak keluar modal…usaha ini juga termasuk yang masih langka. Kalo mungkin ada yang tertarik…berikut berita lengkapnya….

Jakarta – Jumlah pengguna motor dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Data Badan Pusat Statistik DKI Jakarta menunjukkan pertambahan motor di Jakarta mencapai 1.035 unit Per hari.

Jika tingginya populasi pengguna motor tersebut menginspirasi Bagas, Toto, Riki, Caca dan Sule untuk mencari peluang usaha baru.

Pada tahun 2006, lima alumnus Universitas Trisakti ini awalnya ingin membuka cucian motor namun niat itu mereka urungkan karena saat itu sudah banyak orang yang membuka bisnis cucian motor.

“Dari market pengguna motor yang besar ini apalagi yang bisa kita ambil. Kemudian ada celetukan dari salah satu teman saya, gimana kalau menyuci helm? Karena pengguna motor pasti punya helm dan saat itu belum ada yang membuka usaha itu,” ujar salah satu pemilik Healthy Helm Bagaskoro saat berbincang dengan detikFinance, Sabtu (28/3/2009).

Sejak tercetusnya ide itu, Bagas dan empat sahabatnya mulai melakukan eksperimen. Mereka mencoba mencari cara menghilangkan noda dan bau serta mengeringkan helm secara cepat. Untuk mendukungnya mereka menemukan sebuah alat yang bisa mengeringkan helm dalam waktu 4 jam. Alat tersebut tidak merusak kondisi material helmnya yang sensitif terhadap panas.

“Kita mulai observasi sekitar Agustus 2006. Akhirnya terbentuk prototipe pertama kita bisa mengeringkan helm dalam waktu empat jam. Sekitar bulan April atau Mei 2007 kami membuka salon cuci helm pertama di Indonesia,” jelasnya.

Memulai sesuatu yang baru tidaklah mudah, pada saat awal salon tersebut dibuka Bagas mengaku tidak ada satu pelanggan yang menyambangi salonnya.

“Pertama tidak ada pelanggan sampai akhirnya kita desperate terus buka cucian motor dulu untuk mempromosikan usaha cuci helm kami. Setelah banyak yang mengenal, kami pun akhirnya kembali fokus ke cuci helm dan menutup cucian motor,” kenangnya.

Bagas menuturkan bagaimana proses pencucian helm. Pertama kacanya dibuka, kemudian lakukan pelepasan busa. Lalu di semua bagian helm dicuci dengan menggunakan sabun. Setelah dicuci semua dipasangkan kembali kemudian diberikan pewangi dan pengharum. Habis itu baru dikeringkan.

“Kalau ada helm yang rusak saat dicuci maka kami akan menggantinya dan ini jarang sekali terjadi. Selain itu, setiap orang yang mencuci disini secara otomatis akan menjadi member gratis. Dimana setiap mereka mencuci 10 kali disini, 1 kali gratis cuci,” ucap Bagas seraya berpromosi.

Seiring dengan jalannya bisnis tersebut, kelima sahabat ini tidak lantas berpuas diri. Mereka pun terus bereksperimen untuk meningkatkan kemampuan alat pengeringnya. Dari eksperimen kedua yang mereka lakukan pada bulan Oktober 2008, mereka berhasil membuat alat pengering yang mampu mengeringkan helm yang dicuci dalam waktu setengah jam.

“Kan dicucinya 15 menit, 30 menit dikeringkan dan finishing 15 menit sehingga dalam waktu satu jam helm yang dicuci disini bisa langsung dibawa pulang,” tuturnya.

Ternyata kerja keras yang dilakukan Bagas dan teman-temannya tidak sia-sia. Dengan modal awal sekitar Rp 45 juta, kini mereka telah memiliki 12 outlet salon helm di wilayah Jabodetabek. Bahkan sejak Agustus 2008, mereka telah memiliki franchise di 18 kota di Indonesia.

“Dulunya kita  tidak mau, tapi banyak yang berminat. Waktu saya bilang kami tidak membuka franchise, banyak yang protes. Lalu kita berpikir kalau hal ini akan bermanfaat untuk orang banyak, jadi sejak Agustus kami membuka franchise,” ungkapnya.

Adapun 18 kota yang sudah menjadi pasar helm cuci ini diantaranya Jakarta, Cikarang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Malang, Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Tarakan, Pontianak, Manado, Makasar dan Ambon.

“Sekarang ada permintaan juga Timika dan Jayapura,” ujarnya.

Bagas menjelaskan ada dua jenis kerjasama yang ditawarkan Healthy helm yaitu dengan menjadi channeling dan distributor. Untuk menjadi channeling, calon rekan kerja Healthy Helm harus menyetorkan uang sekitar Rp 25 juta. Calon rekanan menyiapkan tempat usaha dan pekerja. Sedangkan perlengkapan mulai dari perlengkapan material, tekhikal, promosi dan administrasi berasal dari Healthy Helm.

“Tidak ada sistem bagi hasil, semua pendapatan 100 persen milik dari si pembeli. Hanya untuk alat pengering helm itu mereka menyewanya dengan membayar Rp 1 juta per tahun atau 83 ribu per bulan,” jelasnya.

Untuk menjadi distributor, Bagas mengatakan calon distributor tersebut harus menyetorkan investasi Rp 50 juta. Menurut Bagas, seorang distibutor akan memperoleh hak khusus yaitu jika ada orang yang berminat untuk menjadi channeling di sebuah kota maka pengajuan izinnya harus melalui distributor.

“Dia akan mendapat keuntungan dari setiap transaksi channeling tersebut,” katanya.

Bagas menyebutkan dalam setiap harinya Healthy Helm rata-rata berhasil mencuci 10 helm. Dengan biaya Rp 13.500 per helm. “Padahal target kita hanya 5 helm per hari. Bahkan distributor di Bandung 20 helm per hari,” jelasnya.

Bagas mengakui prospek ke depan usahanya masih sangat besar. Saat ini Jakarta saja membutuhkan 800 outlet cuci helm, sedangkan outlet helm di Jabodetabek  baru ada 12 outlet. Bahkan disaat usaha lain banyak yang gulung tikar, Bagas menyatakan bisnis ini masih bisa terus berkembang.

“Saat ini cucian motor di Jakarta kami prediksikan sekitar 5 ribu outlet. Berarti kalau dihitung Jakarta butuh 800 outlet cuican helm dengan asumsi 5 persen dari 4,5 juta pengguna motor di Jakarta yang mau menyuci helmnya. Jadi ini peluang bisnis sangat besar,” katanya.

Apalagi Bagas melihat saat ini tingkat kepedulian pengguna motor terhadap helmnya masih rendah. Bagas menyatakan karyawan pernah membersihkan helm yang 10 tahun tidak pernah dicuci oleh pemiliknya.

“Ada helm 10 tahun tidak pernah dicuci, itu masih dipakai. Waktu nyuci operator kita sampai muntah-muntah. Dan akhirnya pemilik helm tersebut, saat ini menjadi pelanggan setia kami,” katanya sambil terkekeh.

Outlet utama Healthy Helm
Jalan Cirendeu Raya No 55, Jakarta.
Atau Kantor di Ruko Fatmawati Mas Blok A1 Nomor 112, Jalan RS Fatmawati Raya, Jakarta Selatan, Telepon 021-71698561

 

 

—————————————————————————————————————————————————–

Bisnis sambil bekerja di kantor ? Mudah dan terbukti menghasilkan penghasilan tambahan. Klik disini untuk info lebih lanjut !!!

Perihal ratihparamyta
Hmmm...people said that i've vicious/anger face but if u know me, i'm type of friendly person,lil bit crazy and sensitive person..that's me...I like everything about technology coz my educational background is in IT...hmm...actually i like listening music, watching movies, browsing internet, make some comment @friend's facebook status also wrote some unsignificant words, but for me it's quite interesting. Others i like to breath, laugh and smile...whatever u are, if u want to know me..just call me ratih...ok (^_')

24 Responses to Peluang Usaha-Cuci Helm

  1. airyz mengatakan:

    manatappp nihhh, thanks y😀 salam

  2. Dios mengatakan:

    Peluang usaha yang sangat bagus nich…..karena pengguna motor semakin hari semakin bertambah, kita lihat saja dari jumlah pertumbuhan pembeli sepeda motor, idenya cemerlang banget mas……saya berminat bisa diinfokan detailnya. tks

  3. widodo mengatakan:

    Saya mempunyai tempat strategis. Saya berminat untuk mempunyai semua peralatanya. Gimana cara mendapatkanya? Karena jauh dari perkotaan, saya mengiginkan semuanya di beli TUNAI

  4. Krist Soenarto mengatakan:

    Hambatan yang ada adalah lifestyle masyarakat menengah ke bawah yang belum benar-benar memprioritaskan gaya hidup bersih, dan ini timbul juga karena tekanan ekonomi kehidupan di kalangan mereka, yang mau tak mau, lebih dulu harus mempriotaskan kebutuhan sandang, pangan dan papan.

    Tuntutan ketiga kebutuhan pokok tersebut sering memaksa mereka untuk mengabaikan tuntutan hidup bersih yang menjadi acuan timbulnya bisnis laundry helm ini.

    Ini sekedar pandangan dan analisa saya,bisa benar bisa salah karena harus dikaji lebih dalam lagi.

    Tapi whatever bisnis ini tetap sangat menantang dan menarik, pertanyaannya adalah apakah semua jenis helm dapat dibongkar pasang dengan baik seperti semula? Ter,masuk helm-helm produksi ex China yang marak bertebaran murah meriah dipinggir jalan? Harga cucinya Rp 12.500/helm sedang helm-helm made In China cuma Rp 60.000/unit, gimana dong?

    • ratihparamyta mengatakan:

      menurut saya sih orang kalo dah beli barang tetep akan dirawat, gak mungkin sekali kotor langsung buang,atau bisa pake prinsip orang cina pasang harga murah yg penting konsumen banyak,memperluas jaringan…hehe…tapi itu menurut saya yah

  5. BAMBANG mengatakan:

    aq mau buka usaha di kendari bagaiman kalau kt jadi mitra untuk buka usaha di sini karena di kendari belum ada usaha ini. ayolah mas bagas aq ingi sekali ini. tlong ya mas. terima kasih

  6. ratihparamyta mengatakan:

    coba hub langsung mas bagas pak…saya setuju ini ide usaha bagus🙂

  7. kross mengatakan:

    dmana tempatnya membeli peralatan cuci helm dan brapa harganya……..saya tinggal di bogor

  8. tzaki mengatakan:

    mantap tolong di email ya tq

  9. faida mengatakan:

    tolong kirim info detailnya ya. harga, fasilitas atau mungkin ada kontrak lain. lokasi saya d surabaya thx

  10. sidik mengatakan:

    saya tertarik dgn usaha itu,apalagi d daerah bandung selatan masi sedikit bisnis kaya gini.
    pngen saya pempunyai bisnis ini!!!

    sukses ya!!!

  11. freddy mengatakan:

    mas saya tertarik untk memiliki gerai cuci helm.gmana cara dptin mesin cuci helm sma harga nya tlng dksh tau mas trims

  12. freddy mengatakan:

    oh ya mas sya dri klimantan barat tlng infonya trims.

  13. freddy mengatakan:

    saya tngu infonya mas..

  14. ogi mengatakan:

    mas saya tertarik untk memiliki gerai cuci helm.gmana cara dptin mesin cuci helm sma harga nya tlng dksh serta informasinya di daerahh bandung

  15. HELMBERSKY mengatakan:

    Buat temen2 yang mau buka usaha cuci helm saya menyediakan franchise cuci helm tanpa air tanpa mesin khusus, saya menggabungkan teknik dryclean dan wetclean, dengan cost paling kecil, cuci helm HELMBERSKY menjadi waralaba cuci helm paling murah, tidak ada bagi hasil jelas untung besar untuk mitra kami. terbuka kesempatan besar menjadi MASTER FRANCHISE PROPINSI dengan modal 15 juta Temen2 akan mendapatkan lebih banyak keuntungan info http://cucihelmbersky.blogspot.com
    hp 0813 9453 6868 AYOOOO BURUAANNNNN

  16. HELMBERSKY mengatakan:

    Buat temen tmen seantero Indonesia tercinta yang mau buka usaha cuci helm…Franchise cuci helm HELMBERSKY hanya 2,5 juta. Untuk wil Sulawesi hub MFP Area Sulawesi Bpk. Ibrahim hp 0811 4114 180 / 0852 9886 9924, MFP Jatim area Bpk. Mukhitur Rusda 0858 5134 6137 / 0813 3399 7859 per 26 September refill chemical hanya Rp.1.333 / helm…murah kan hanya butuh waktu 15 – 20 menit untuk mencuci 1 helm kunjungi blog kami http://www.cucihelmbersky.blogspot.com buat Mbak Ratih makasih dikasi tempat buat ngiklan..gratis lagi hehehehe

  17. Reza mengatakan:

    bwt agan-agan yang mau usaha cuci helm, coba aje nih mesin cuci helm freshelm, http://www.freshelm.blogspot.com mesin cuci helm paling hemat cuma 350watt… ane dah coba, bukannya promo nih gan, cuma saran he2..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: