Selamat Jalan Rika

Jakarta,27 Maret 2011, cerita dari tetangga sebelah rumah-based on true story

Minggu sore, di rumah. Hari itu karena hari minggu kuputuskan untuk memasak makan malam ketimbang cari makan di restoran. Males kalo harus keluar,pasti macet. Sambil menikmati penghujung akhir minggu Karena besoknya harus kembali bekerja di kantor, aku memasak ayam goreng kesukaan suami. Sedangkan suamiku sedang asik bermain-main dengan kameranya. Tiba – tiba suara telepon genggamku berbunyi. Suamiku yang kebetulan berada tidak jauh dari telepon genggamku beteriak “Sayaaaaaaaaaaang hapenya bunyiiii”. Karena sedang berkutat dengan ayam di penggorengan, aku pun tidak bisa beranjak untuk mengangkat telepon. “Sayang angkat aja,paling juga dari bapak.” Teriakku dari dapur. “Bukan sayang dari nomer gak dikenal” Jawab suamiku lagi. “Tolong bawain kesini atuh…lagi goreng, gak bisa ditinggal.”

Tidak berapa lama,suamiku menuju dapur sambil membawakan telepon genggamku. “Dari siapa?” Tanyaku. “Gak tau, nomernya belum disimpen di phone book”.Tanpa pikir panjang aku segera mematikan kompor dan mengangkat telelpon itu dan terjadilah percakapn berikut :

Penelpon : “Halo mbak Dini (nama samaran) ya?”

Aku : “ Iya betul,dari siapa ini?”

Penelpon : “Dari kakaknya mbak Rika (nama samaran). Rika Rusdiana, masih inget gak mbak?”

Aku : “ Duuuh maaf gak inget, Rika yang mana yaaa….?”

Penelpon : “Rika yang dulu kerja sekantor sama mbak dini. Saya kakaknya yang dulu suka anter rika ke kantor. Mbak dulu pernah kerja di daerah Prambanan kan?”

Aku : “Iya betul sih pernah kerja disitu. Maksud mbak, mbak rika yang dulu kerja sebagai staff admin di kantor deket prambanan itu?”

Penelpon :” iya mbak,betul. Dulu rika sering cerita soal mbak, makannya sekarang saya hubungi mbak,ada yang harus disampaikan.”

Aku : “ oh ya…soal apa mbak?”

Penelpon : “Mbak rika, tepatnya Agustus tahun lalu meninggal dunia…..”

Jantung saya langsung berdegup kencang seketika.

Penelpon : “Sebelum meninggal, rika sebenernya sudah titip pesan ke saya untuk mencari dan menghubungi mbak”.

Aku : “ oh ya…..kenapa mbak,ada apa?”

Penelpon : “ Saya juga gak tau,Cuma saat itu saya gak punya nomer mbak.Jadi sampe rika meninggal saya gak bisa hubungi mbak. Trus…sekitar dua hari yang lalu saya mimpi ketemu rika,dan dia kembali berpesan untuk cari mbak Dini. Gara-gara mimpi itu, saya membulatkan tekad untuk cari mbak dan menghubungi mbak. Saya membongkar semua barang-barang lama punya rika, untungnya ketemu.”

Aku : “ rika meninggal karena apa mbak?”

Penelpon : “ sakit keras mbak. Karena sekarang saya sudah bisa menghubungi mbak,saya mau minta maaf atas nama rika kalo rika ada salah. Biar disana dia tenang. Kira-kira rika ada salah gak mbak?”

Aku : “ wah mbak,dah lama sekali tapi seingat saya hubungan kami baik. Kami memang gak komunikasi lagi sejak saya waktu itu mencoba menghubungi mbak rika tapi hape nya selalu non aktif. Sejak itu putus hubungan.”

Penelpon : “ ya syukur kalo rika gak ada salah. Cuma diinget-inget lagi mbak,kalo ada hutang atau apa,diomongin aja,biar jalannya rika disana lancer”.

Aku :” iya mbak,Cuma memang hubungan kami baik,gak ada apa-apa. Saya pribadi sudah memaafkan dan ikhlas kalo ada salah. Insyaallah nanti saya akan kirim doa.”

Penelpon : “ makasih banyak mbak,sekali lagi maaf ya atas nama rika. Mudah2an dia bisa tenang sekarang. Gak muncul2 lagi di mimpi.”

Si penelpon kemudian menutup teleponnya. Jantungku berdegup kencang, lututku lemas dan seluruh bandanku merinding gak karuan. Di benakku bertanya-tanya, apa gerangan yg membuat rika selalu datang dalam mimpi kakaknya dan meminta kakakknya untuk mencariku untuk meminta maaf. Sambil duduk aku pun kembali berpikir ke masa lalu saat aku masih berkomunikasi dengan rika. Segala sesuatu aku ingat ingat kembali, dan saat itu juga aku tersadar bahwa rika pernah hutang dan dia belum mengembalikan kepadaku. Seketika itu juga, aku segera menunaikan sholat fardhu, kupanjatkan doa untuk rika dan keihklasanku atas semua salah dan hutangnya padaku. Selamat Jalan Rika. Semoga tuhan mengampuni dosa-dosa dan melapangkan jalanmu disana.

Perihal ratihparamyta
Hmmm...people said that i've vicious/anger face but if u know me, i'm type of friendly person,lil bit crazy and sensitive person..that's me...I like everything about technology coz my educational background is in IT...hmm...actually i like listening music, watching movies, browsing internet, make some comment @friend's facebook status also wrote some unsignificant words, but for me it's quite interesting. Others i like to breath, laugh and smile...whatever u are, if u want to know me..just call me ratih...ok (^_')

Tinggalkan Balasan

