Jadi Ibu – Part 2

Minggu,120212 <-lihat tanggalnya,cantik kaaaannn🙂

Jam 7.27 di kamar tidur paling nyaman sedunia, disamping putri kecilku yang paling kusayang.

Hari ini biar tanggalnya keren tapi kegiatanku sama seperti hari-hari lainnya. Mulai dari pagi sampai pagi lagi, 100% waktuku untuk ngurus si kecil anda (panggilan sayangku untuk dyandra). Banyak yg tanya 'Tih,gimana rasanya jadi ibu?'. Pertanyaan yg selalu kujawab, repot tapi asik. Gimana gak asik, punya malaikat kecil ituuuu….sesuatu deh pokoknya. Pernah liat status teman di facebook soal jadi ibu, tersentuh aku bacanya, ngerasa bangga. Temenku tulis kek gini :

" Jadi ibu itu sama dengan kerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Jadi ibu itu pekerjaan yang tidak digaji, gak dapet uang lembur, gak dapet gaji ke 13. Pekerjaan yang gak ada masa pensiunnya, sampai mati akan selalu jadi ibu. Tapi aku bangga jadi ibu,karena surat tugasku ditanda tangani langsung dari Tuhan "

Gileeee, terhura abiz. Sampe sekarang masih heran kok gak ada habisnya yah,aku bangga jadi ibu. Salah besar kalo pada bilang jadi ibu itu repot, susah. Emang tapi kebahagiaan-nya itu lebih luar biasa daripada susahnya. Ngomong-ngomong soal repot, banyak nu-mommy yang ngeluh dengan makin numpuknya cucian gara-gara si kecil yang bolak balik pipis. Apalagi dyandra, aku termasuk yang anti diapers sekali pakai, gak usah ditanya kenapa, diapers atau yang akrap dipanggil pempers, suka bikin iritasi kulit bayi. Meskipun kadang tetep pakai kalo lagi pergi-pergi,tapi di rumah,aku usahain banget pake popok kain. Naaah ngemeng-ngemeng soal popok, awal punya dyandra, cucianku juga segambreng. Apalagi dyandra, yang kek aku bilang diatas, anda (panggilan sayangku utk dyandra) sering banget pipis, dan pup. Habis nyusu pasti pup. Jadi sehari bisa lebih dari 10 kali pup. Buat bunda/mommy yang punya pengalaman sama, sering pup itu wajar kok apalagi bunda/mommy kasih asi🙂

Balik ke soal cucian,awal punya dyandra cucianku bisa seember besaaaarr. Karena gak pake diapers sekali pakai, sekalinya anda ngompol, popoknya basah,celana/roknya basah,alas ompolnya basah,kadang selimutnya ikut basah. Bayangin 4 benda itu sekali ompol, trus kaliin berapa kali bayi kita ngompol dan pup. Hasilnya pokoknya seember besar deh ‎​(ˇ_ˇ'!l)

Well, itu duluuuuuu,sekarang dengan bangga aku share tips buat new mommy. Mungkin dah pada tau juga, buat bunda/mommy yang sealiran ma aku,no diapers kalo di rumah, coba pake clothdiapers, atau re-usable popok alias diapers yang bisa dicuci ulang trus pake lagi. Aman buat kulit bayi dan irit cucian loh bun. Aku pake itu dan berhasil ngurangin cucian yg tadinya bisa 2-3 ember, skrng satu ember kecil aja. Kok bisa gitu?
Jadi gini bun,aku sebagai ibu baru juga masih belajar mencari tahu yang terbaik buat si kecil. Pertama aku kenal clothdiaper dari internet trus nyoba beli. Sama temen,yang jual clothdiaper online itu disarankan beli clodi yang berbahan microfiber polyester, jadi semacam bahan waterproof gitu tapi aman buat kulit bayi, saya dah coba. Kalo clodinya pake yang waterproof, bisa dipakai bolak balik meskipun dah pipis berulang kali,tinggal ganti daleman clodi-nya aja. Naah dalemnya clodi, disebut insert itu kain mricrofiber juga, kalo aku bilang sih kayak handuk tapi punya daya serap. Kalo dari review produknya, insert clodi bisa sampe 2-3 kali pipis atau sekitar 2 jam (tergantung bayi masing-masing) tapi kalo anda, sekali pipis juga udah gak betahan, harus ganti yang bener-bener kering. Insert clodi ini bentuknya persegi panjang kayak gambar dibawah ini loh, jadi praktis menghemat volume cucian kan.
Berhubung insert clodi ini harus beli, kalo saya tips hematnya bikin sendiri bun/mom. Bikin cuma dari handuk yang agak tebal, potong-potong seukuran insert clodi trus diobras pinggirnya. Jadi tiap kali pipis cuma ganti insert ala sendiri aja. Karena ukurannya yang kecil itu tadi, volume cucian popok jadi cuma seember kecil deh, mantep kaaan🙂

Pokoknya bunda/mommy, apa-apa jangan dipikir berat. Pasti ada kok jalan keluar. Sering-sering aja searching tips hemat, banyak banget para bunda yang share lewat internet, begitu juga saya.

Nah selamat mencoba ya bunda – bunda. Kalo mau share, leave comment aja, saya bersedia bantu kalo ada yang butuh clodi. Bukan jualan yaaah, saya bantu kasih link tempat jualannya :d

contoh bentuk clothdiaper

contoh bentuk clothdiaper

contoh insert

contoh insert

***tulisan ini, nulis 12-02-12 tapi baru sempat posting 20-02-12 nya hehehe🙂

Perihal ratihparamyta
Hmmm...people said that i've vicious/anger face but if u know me, i'm type of friendly person,lil bit crazy and sensitive person..that's me...I like everything about technology coz my educational background is in IT...hmm...actually i like listening music, watching movies, browsing internet, make some comment @friend's facebook status also wrote some unsignificant words, but for me it's quite interesting. Others i like to breath, laugh and smile...whatever u are, if u want to know me..just call me ratih...ok (^_')

Tinggalkan Balasan

