Bekerja VS Mengasuh Anak – Another Dilema Story for Working Mommy

Kantor, Senin 8 Oktober 2012

jam 10.49 wib

 

dilema working mommy

dilema working mommy

 

*jedotin kepala ke tembok. Pagi – pagi…senen pagi dan hari pertama minggu ini, duduk di kursi kantor, buka laptop dan facebook….voilaaaaa baca status temen yang nyata..nyata bangeett senasib. Yah another dilema story seorang working mommy. Kayaknya antara ngasuh anak yang masih kecil vs kerja itu gak akan pernah bisa sinkron yah. Batin ibu selalu akan kepikiran ma anaknya yang ditinggal kerja. Sama lah denganku, apalagi andra udah mulai ngerti. Kadang kalo mau berangkat harus dibohongin terus karena dia gak mau ditinggal😦 sedihnyaaaa😦 Dan diluar sana banyaaaak banget ibu bekerja yang punya perasaan senasib. Sama – sama menderita ninggalin anak saat harus pergi kerja.

 

Sebenernya seorang ibu itu perlu kerja gak sih. Pertanyaan ini sering banget keluar dari benakku kalo dilema datang menghantui jiwa dan perasaan *lebay….hehehe. Banyak versi jawaban mulai dari yang pro kerja dan yang pro IRT total !!! Dari semua jawaban bisa aku simpulkan (semoga bisa membantu mommy lain yaaa menjawab kedilemaan hati) :

1. Kenali dulu, sebenernya apa tujuan mommy kerja, kalo suami amat sangat cukup dan mommy sendiri merasa gak perlu kerja ya resign is the best solution. Si kecil need u more than everything

2. Kalo mommy kerja memang untuk membantu suami, menopang kebutuhan keluarga ya ini yang harus disikapi. Dilema akan datang terus menerus. Pintar – pintar menjaga perasaan. Banyak hal positif, dampak ibu bekerja ke anak yang bisa dijadikan acuan. Penyemangat kerja atau pengurang dilema. Mommy bisa search kok di internet. Memang gak akan banyak membantu, saya sendiri udah baca banyak referensi soal ini cuma dilema datang dan guilty feeling datang lebih besar. Tapi jika mommy berada pada posisi ini, gak ada yang harus dipilih. Jalani !! Bekerja sambil ngasuh anak is the best solution. Rasa bersalah akan terus datang.

Cara satu-satunya, bayar rasa bersalah mommy dengan berbagai cara, ajak si kecil jalan di weekend atau selalu sempatin main bareng sebelum berangkat kerja atau sempatin nyuapin si kecil sebelum berangkat dll. U know what is it. U know what u have to do. U know how to pay your guilty feeling. Pay it. Go live with it !!!

3. Jika bekerja adalah cara untuk mengaktualisasi diri. Pilihan ini berarti mommy harus fleksibel. Gak ada salahnya resign saat si kecil butuh anda dan kembali bekerja saat si kecil siap ditinggalkan. U can work in your entire live but your child just only growing up once in their livetime.

Yah itu menurut saya ya bunda/mommy semoga bisa mengurangi dilema-dilema mommy. Satu hal yang harus ditekankan: dilema akan terus dan terus dan terus ada. Jika itu pilihan bunda/mommy….go live with it. Ada banyak cara untuk mengimbangi dilema itu.

 

Semoga selalu jadi ibu yang lebih baik ya mommy….bunda…para mama…  Mari kita bisa🙂

 

 

Perihal ratihparamyta
Hmmm...people said that i've vicious/anger face but if u know me, i'm type of friendly person,lil bit crazy and sensitive person..that's me...I like everything about technology coz my educational background is in IT...hmm...actually i like listening music, watching movies, browsing internet, make some comment @friend's facebook status also wrote some unsignificant words, but for me it's quite interesting. Others i like to breath, laugh and smile...whatever u are, if u want to know me..just call me ratih...ok (^_')

4 Responses to Bekerja VS Mengasuh Anak – Another Dilema Story for Working Mommy

  1. Bayu Untoro mengatakan:

    Wah ak mau jadi working poppy kl begitu… Ini mengutip sebaris “Dan diluar sana banyaaaak banget ibu bekerja yang punya perasaan senasib. Sama – sama menderita ninggalin anak saat harus pergi kerja” <— pasti ini niken.. Hahahahah

  2. Johanes M mengatakan:

    Nggak sengaja nemu blog ini waktu lagi break kerja…Menarik juga tulisannya mbak..Memang dilema ya… Banyak hal yang kadang tidak ideal tapi kita mau atau tidak mau harus menjalaninya. Semua harus di syukurin saja, karena mungkin itu pilihan yang terbaik yang ada saat ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: