Mengurus Paspor untuk Si Kecil Dyandra

Rabu 28 November 2012

Menghitung hari menjelang 1 tahunnya andra *tiup terompeettt

Dah lama nih pengen banget share soal pengalamanku bikinin paspor buat andra. Mungkin emang banyak tulisan soal ini tapi gak afdol kalo belum cerita di blog sendiri. Udah lama banget pengen bisa jalan-jelan keluar negeri. Apalagi ada andra, makin – makin pengen ajak andra keliling dunia hehe. Anyone said kalo traveling sama anak itu repot, well you told the truth tapi repot-repot asik. Trust me deh.

Kembali ke cara bikin paspor untuk si kecil, ternyata tidak serepot  dan serumit yang dibayangkan asaaaalll kita tau tips dan triknya. Kalu boleh saya rangkum dari pengalaman saya saat urus paspor andra di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan :

1. Urus sendiri, jangan lewat calo. Ngapain baca tulisan saya kalo mau urus paspor lewat calo hehehe.

2. Siapkan dokumen lengkap. Mommy bisa cek ke : http://www.imigrasi.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=835&Itemid=182

diatas itu link-nya departemen imigrasi Indonesia langsung ke halaman layanan paspor biasa. Mommy bisa cek syarat-syarat untuk dokumennya. Sebenernya ada juga paspor online tapi berhubung pas ngurus punya andra, layanan onlinenya sedang downline…so langsung aja deh.

3. Cek kelengkapan dokumen sesuai yang disyaratkan, kalo boleh saya list :

– Foto kopi akta lahir

– Foto kopi kartu keluarga

– Foto kopi KTP kedua orang tua

– Foto kopi buku nikah

– Foto kopi paspor kedua orang tua

– Dokumen aslinya untuk kroscek saat penyerahan syarat kelengkapan dokumen.

4. Untuk urus paspor harus beberapa kali datang. Waktu itu untuk andra, kami 3 kali datang. Datang pertama isi formulir (diambil langsung di kantor imigrasinya beserta map warna kuning dengan membayar Rp 5000,-) plus penyerahan dokumen. Tidak perlu bawa si kecil, cukup orang tuanya saja. Tips saat penyerahan dokumen diusahakan datang tepat pukul 08.00 wib agar bisa secepatnya ambil nomor antrian dan tidak perlu mengantri lama. Layanan untuk penyerahan dokumen buka Senin – Kamis pukul 08.00 – 11.00 wib. Sedangkan Jumat dari 08.00-10.30 wib. Pengalaman kemaren datang jam 08.30 wib dan jam 09.30 wib sudah selesai proses penyerahan dokumennya.

5. Kalo sudah menyerahkan dokumen akan mendapat surat keterangan kapan datang wawancara dan photo paspor.

6. Saat hari wawancara dan photo,iusahakan datang jam 07.30 wib sudah sampai di kantor imigrasi. Hal ini dikarenakan kita akan wawancara dan photo bareng si kecil, biar nomor antrian tidak terlalu besar dan anak juga gak terlalu lama menunggu. Bawa mainan secukupnya dan tentu saja makanannya. Pokoknya bawa persediaan amunisi lengkap khusus buat si kecil. Pengalaman andra kemaren datang jam 07.30 wib sudah difoto dan wawancara jam 09.00 wib. Lumayan yaa cuma harus nunggu 1.5 jam. Oiya biaya pembuatan paspor andra 24 halaman adalah Rp 256.000,- . Jauuuh lebih murah ketimbang kalau pake calo yang sempat nanya bisa kena Rp.700-800 rbu.

7. 3 hari kemudian datang lagi untuk ambil paspor. Kali ini santai karena tidak perlu menunggu lama.

Dan eng ing eeeng, jadilah paspor Andra yang alhamdulillah sudah kepakai untuk ke Bangkok 2 minggu yang lalu. Kalo di total biaya bikin paspor baru andra adalah Rp 261.000,-

So Have a nice trip ya buat mommy yang mau traveling sama si kecil. Save trip ya mommy. Semoga jadi pengalaman hebat pergi sama si kecil🙂

Perihal ratihparamyta
Hmmm...people said that i've vicious/anger face but if u know me, i'm type of friendly person,lil bit crazy and sensitive person..that's me...I like everything about technology coz my educational background is in IT...hmm...actually i like listening music, watching movies, browsing internet, make some comment @friend's facebook status also wrote some unsignificant words, but for me it's quite interesting. Others i like to breath, laugh and smile...whatever u are, if u want to know me..just call me ratih...ok (^_')

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: